Artis tiga zaman, Laila Sari meninggal dunia di usia 82 tahun. Di usia tersebut, proses penuaan membuat berbagai masalah kesehatan lebih mudah menyerang.

Dikutip dari Everydayhealth, berikut ini beberapa masalah kesehatan yang kerap menghampiri para lansia.1. Arthritis
Radang sendi atau arthritis merupakan salah satu masalah utama pada kaum lansia, dan disebut-sebut sebagai bagian dari proses penuaan. Kondisi ini kadang sangat membatasi mobilitas, dan akhirnya memicu dampak lebih luas lagi. Diperkirakan hampir separuh lansia menghadapi masalah ini di usia 65 tahun ke atas.

2. Penyakit jantung
Di Amerika Serikat, kematian akibat penyakit jantung pada usia 65 tahun ke atas tercatat lebih dari 400 ribu kasus pada 2014. Sekitar 37 persen pria dan 26 persen wanita di atas usia 65 tahun mengalami masalah ini. Para lansia dengan riwayat tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi lebih rentan mengalaminya.

3. Alzheimer
Penyakit alzheimer membunuh 92 ribu lansia di Amerika Serikat pada 2014. Diperkirakan 11 persen lansia berusia 65 tahun ke atas mengalami kondisi ini, walaupun dalam praktiknya deteksi penyakit yang menyerang fungsi kognitif ini sulit dilakukan.4. Diabetes
Diperkirakan 25 persen lansia di Amerika Serikat mengidap diabetes. Menurut Center of Disease Control and Prevention, diabetes menyebabkan 54 ribu kematian pada 2014.

5. Pengeroposan tulang
Hampir sama seperti radang sendi, osteoporosis atau pengeroposan juga membatasi pergerakan atau mobilitas. Sementara itu, kurangnya aktivitas fisik adalah faktor risiko berbagai penyakit kronis pada semua kelompok usia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here