Belum Lebaran, THR Sudah Habis? Jangan-Jangan Kamu Melakukan 4 Kebiasaan Buruk Ini

0
70

Yaaay sudah dapat THR nih ya, girls? Asik berarti bisa belanja-belanja dong! Eits tunggu, kok baru berapa hari sudah habis nggak bersisa ya? Pada hilang kemana duit-duit itu? Huhuhu, kamu pernah mengalami kejadian seperti ini nggak?

Kalau iya, berarti ada yang salah dengan cara kamu mengatur pengeluaran dan pemasukan. Jangan panik! Kamu cukup hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang tanpa disadari bikin pemasukan kamu menguap entah kemana hanya dalam berapa kedip.

1. Kamu Nggak Mencatat Kemana Perginya Uang Kamu

Ah nggak apa-apa deh beli baju ini, toh cuma sekali-sekali. Pesen makanan baru ini ah, kayaknya enak! Sepatu lucu nih, diskon lagi, beli deh. Jreeeeng tiba-tiba uang kamu habis nggak bersisa. Oh no! Jangan dibiasakan ya, girls. Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit lho pengeluaranmu. Kamu harus aware kemana setiap sen dari uangmu, jadinya saat habis kamu tahu kemana larinya pundi-pundimu.

2. Nabungnya Terakhiran

Kalau kamu selalu nunggu akhir bulan buat lihat berapa sisanya untuk ditabung, you’re doing it wrong. Ini adalah fast lane menuju duit kamu habis nggak bersisa buat ditabung. Ayo biasakan saat terima gaji langsung disisihkan buat ditabung (di hari yang sama lho ya) baru deh sisanya diatur buat tagihan dan belanja.

3. Utang Kamu Lebih Besar Daripada Pemasukan

Buat kamu yang memakai kartu kredit, kamu harus tackling masalah interest nya secepat mungkin demi kesehatan dompet. Jangan sampai hutangmu lebih besar dan bikin dompetmu kanker melulu.

4. Cuma Punya Satu Rekening Bank

Sepele ya kesannya, kamu nggak mau ribet makanya cuma bikin satu akun tabungan, yang mana buat kategori tabung atau belanja dan lainnya semua digabung. Uh oh, hal ini bikin pengeluaranmu nggak terkontrol. Sebaiknya kamu punya beberapa akun untuk tabungan, investasi, baru deh akun belanja.

5. Ribet ya?

Look, kita tahu persis kalau ngomongin masalah manajemen keuangan itu rada malesin dan nabung itu susah banget! Tapi dengan kamu bisa mengatur uang sendiri itu bakal bikin kamu lebih terasa punya grip dalam hidup and not to mention menentukan kesuksesan kamu di masa depan juga. Jadi, lepaskan kebiasaan-kebiasaan buruk itu demi dompet yang lebih sehat ya!

LEAVE A REPLY