Jika mendengar kata zombie, yang mungkin terlintas di benak sobat pembaca adalah mayat yang hidup kembali. Makhluk seram yang sudah tidak punya pikiran berjalan pelan mencari mangsa. Namun, bisa jadi tidak begitu. Ada yang langsung teringat dengan zombie lucu di game android, yaitu Plant vs Zombie.
Jika 2 hal itu yang terlintas di benak sobat pembaca. Maka topik yang saya bahas ini jauh dari itu. Di sini saya akan membahas tentang blog zombie. Mungkin di antara sobat pembaca sudah banyak yang tahu tentang blog zombie.
Tapi, mungkin juga masih banyak yang bingung dengan penjelasan para blogger. Di sini saya akan mencoba menjelaskan dengan pemahaman saya agar sobat pembaca bisa lebih mengerti.

Apa itu blog zombie?

Blog zombie adalah blog yang sudah dinonaktifkan atau dihapus, tapi diaktifkan atau dibuat kembali. Entah itu dihapus oleh orang yang punya blog dengan alasan sudah bosan ngeblog ataupun dihapus oleh pihak penyedia(dalam hal ini blogger.com).Blog tersebut yang sudah dihapus, dibuat dan didaftarkan kembali dengan nama yang sama. Biasanya yang mendaftarkan kembali adalah orang lain yang punya kepentingan untuk memanfaatkan blog tersebut. Blog seperti itulah yang dinamakan blog zombie.
Jadi dianalogikan seperti zombie. Blog yang sudah mati, dihidupkan kembali dan dimanfaatkan untuk kepentingan yang menghidupkan.

“Misal si A punya blog dengan alamat domain blognya-a.blogspot.com. Karena si A sudah ngeblog bertahun-tahun dan akhirnya merasa bosan ngeblog, maka si A menghapus blog tersebut. Kemudian si B tahu kalau si A menghapus blognya. Si B lalu membuat blog dengan alamat domain blognya-a.blogspot.com.”

Jadi dengan contoh di atas blognya-a.blogspot.com yang sudah dimiliki si B itu adalah blog zombie.

Apa kelebihan blog zombie?

Kenapa harus repot-repot menggunakan alamat blog orang lain yang sudah dihapus? Padahal, membuat blog itu sangat mudah. Mungkin itulah pertanyaan yang muncul di benak sobat pembaca.
Membuat blog memang mudah, namun membuat konten yang bisa menarik pengunjung datang dan membaca itu sangat sulit. Apalagi menarik sang Raksasa Pencari, yaitu google untuk datang dan mengindeks blog kita agar mudah dicari, pasti sangat sulit.
Itulah kelebihan dari blog zombie. Blog yang sudah cukup lama dan memiliki banyak konten sudah punya posisi dan reputasi di jagat internet. Google pun sudah kenal, jadi akan lebih mudah dicari dengan mesin pencari.
Posisi dan reputasi blog yang sudah dihapus akan tetap ada di internet dan masih dikenali oleh google. Dengan memanfaatkan keadaan itu, blog zombie tersebut akan dengan sangat cepat diindeks oleh google daripada blog yang masih baru. Jadi, pemilik blog zombie tinggal membuat konten saja dan tidak perlu khawatir tidak diindeks google.
Mungkin itulah gambaran sederhana dari blog zombie. Saya sengaja tidak menggunakan bahasa-bahasa web dan SEO. Karena saya sendiri merasa bingung dengan bahasa-bahasa itu.

Dimana kita bisa mendapatkan blog zombie?

Nah, itu pertanyaan pentingnya. Jika blog zombie bisa seperti yang telah dijelaskan di atas. Lalu, di mana bisa mendapatkannya? Dan bagaimana cara mendapatkannya?
Normalnya kita bisa mendapatkan blog zombie dari orang-orang yang kita kenal. Ya, mereka yang telah bosan ngeblog dan menghapus blognya. Sebenarnya, memang ada cara tertenu untuk mencari blog zombie. Tapi tentu saja caranya sangat tidak mudah dan memakan waktu lama. Saya tidak akan membahas cara itu di sini.
Untuk mendapatkan dengan mudah kita bisa minta atau beli pada para mastah yang punya koleksi blog zombie. Caranya tinggal cari aja di google dengan kata kunci “blog zombie gratis”. Namun, ternyata tidak semudah itu, karena banyaknya para pemburu blog zombie. Maka pasti yang lambat jadi tidak kebagian.
Kalau saya sendiri punya referensi penyedia blog zombie. Seorang sobat blogger yang mengelola blog dengan judul SHARE TO SHARE. Dalam blognya sobat blogger tersebut bagi-bagi blog zombie secara gratis setiap bulan. Namun, tentu saja jumlahnya tetap terbatas. Karena memang mencari blog zombie itu tidaklah mudah. Kalau ternyata kehabisan, tinggal kembali lagi saja bulan depan.
Agar lebih mudah, bookmark saja alamat blognya SHARE TO SHARE. Jadi, alamatnya akan tersimpan di browser dan bisa dibuka kapan saja.
Itulah artikel tentang Apa Itu Blog Zombie? Apa Kelebihannya dan Dimana Mendapatkannya? Semoga bermanfaat bagi sobat pembaca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here