Herpes merupakan jenis penyakit kulit yang menyerang bagian tubuh manusia karena adanya virus herpes atau human herpes virus. Jenis virus herpes ini mempunyai beberapa jenis berbeda yang mana untuk virus yang di ditimbulkan akan menimbulkan jenis penyakit kulit yang berbeda pula.

Jika masih dalam tahap yang tidak parah, dalam mengobati penyakit Herpes Anda tidak perlu menggunakan bahan kimia maupun datang ke dokter. Virus ini bisa sembuh sendiri selama kita menjaga daya tahan tubuh. Masih ada cara alami yang bisa mengatasi penyakit herpes tanpa membutuhkan waktu yang lama. Cukup melakukan pengobatan selama 3 hari maka Anda sudah bisa mengatasi penyakit herpes Anda yaitu seperti 6 cara menyembuhkan herpes alami berikut.

Cara Menyembuhkan Herpes Secara Alami

Sayuran berwarna merah dan jingga

Mengkonsumsi makanan berwarna jingga dan merah dapat mengatasi penyakit herpes maupun penyebaran virus herpes ke tubuh. Hal ini dikarenakan sayuran berwarna merah dan jingga memiliki kandungan antioksidan, vitamin C, dan karotenoid yang sangat tinggi. Untuk semua nutrisi ini sangat dibutuhkan tubuh dalam membentuk proses penyembuhan luka maupun kulit sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan asupan seng

Seng atau zinc merupakan salah jenis mineral yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mengobati penyebaran virus herpes. Selain dapat mengobati flu ternyata kandungan atau asupan seng juga dapat mengatasi virus herpes. Ada banyak makanan yang memiliki asupan seng sangat tinggi misalnya seperti biji labu, hati, bayam dan beberapa jenis kacang.

Jika Anda ingin mengobati dan melakukan pencegahan penyakit herpes Anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung seng setiap harinya. Semakin rutin Anda mengkonsumsinya, maka akan membantu Anda supaya terhindarkan dari yang namanya virus herpes.

Konsumsi minyak zaitun

Selain dapat melembabkan kulit, ternyata minyak zaitun memiliki kandungan yang sangat baik untuk menghindari virus herpes. Untuk mengatasi penyakit herpes menggunakan minyak zaitun, Anda dapat menyiapkan 1 minyak zaitun, kemudian di dipanaskan dalam microwave sebentar dan tambahkan beberapa tetes minyak lavender serta lilin lebah. Tunggu hingga dingin kemudian oleskan ke seluruh tubuh atau bagian tubuh yang terkena infeksi virus herpes.

Gunakan es batu

Herpes memang seringkali menimbulkan rasa nyeri dan gatal, cara untuk mengatasinya yaitu dengan mengompres bagian yang terasa nyeri menggunakan es batu. Dengan menggunakan es batu maka akan menghilangkan rasa gatal, nyeri dan bengkak akibat virus herpes. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal silakan lakukan cara ini beberapa kali dalam setiap harinya.

Baking soda

Penggunaan baking soda dianggap menjadi salah satu pengobatan paling efektif yang dapat menyingkirkan penyakit herpes secara cepat. Selain itu penggunaan baking soda juga dapat menghilangkan rasa gatal dan sakit akibat virus herpes. Cara penggunaannya yaitu dengan menaburkan baking soda ke kapas kemudian usap pada bagian infeksi virus herpes. Untuk menghindari kontaminasi dengan benda lain sebaiknya jangan menggunakan kapas yang telah Anda pakai, namun gunakan kapas yang baru.