•  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

September, (22/09/2016) halodunia.net – Anda mahasiswa yang sedang merantau? Tentu akan merasakan yang namanya pusing mengelola uang bulanan dari orangtua. Belum lagi kalau uang bulanan tersebut pas-pasan. Alhasil anda harus benar-benar memutar otak gimana caranya bisa bertahan hidup untuk satu bulan ke depan.

1. Buat anggaran bulanan

Setiap mendapat uang kiriman bulan dari orangtua, segeralah untuk membuat anggaran bulanan. Bagi uang bulanan menjadi paling tidak 4 kebutuhan yaitu konsumsi, biaya kuliah, kebutuhan bulanan dan tabungan. Jika sudah memiliki pembagian yang jelas, akan lebih mudah mengelola uang tersebut.

2. Jangan ambil uang sekaligus

Biarpun ATM bertebaran di mana-mana, pantang hukumnya mengambil uang bulanan itu sekaligus. Baiknya, ambil uang tersebut untuk biaya per minggu saja. Sehingga tidak merasa ada uang lebih terus-menerus yang bisa membuat menjadi boros.

3. Tentukan jatah pengeluaran perhari

Selain jatah mingguan, juga harus sudah menetapkan jatah pengeluaran per hari. Misalnya saja untuk makan sehari jatahnya adalah Rp 15.000- Rp 20.000 saja. Sebisa mungkin uang tersebut cukup untuk 2 kali makan (makan siang sekaligus sarapan dan makan malam)

4. Masak sendiri

Untuk menghemat uang makan, sebaiknya anda tidak malas masak sendiri. Punya kos yang memiliki fasilitas dapur akan sangat menguntungkan lho.

5. Bawa air mineral dari kos

Nah, supaya lebih hemat lagi bisa lho bawa air mineral saat pergi ke kampus. Jadi tidak perlu lagi beli minum es teh atau jus saat makan di luar. Lebih irit kan?

6. Cermat memilih kebutuhan bulanan

Kadang yang membuat pengeluaran membengkak adalah kebutuhan bulanan seperti kebutuhan mandi, kosmetik dan camilan. Nah, perhatikan harga barang-barang kebutuhan tersebut. Misalnya saja pilih sabun batangan dibanding sabun cair. Di awal kan sudah memiliki anggaran bulanan, jadi anda harus tegas terhadap diri sendiri untuk tidak membelanjakan di luar anggaran.

Selain itu, lebih baik pergi ke supermarket jika ingin belanja bulanan. Jangan ke minimarket karena ada selisih harga yang cukup lumayan antara supermarket dan minimarket. Ingat, hemat!

7. Hindari Laundry

Pahami bahwa anda adalah anak kos yang masih minta uang ke orangtua. Jadi tidak seharusnya hidup enak-enakan layaknya bos. Untuk mengirit uang bulanan, sebaiknya hindari laundry pakaian. Biaya laundry sebulan bisa sampai Rp 50.000. Nah, sayang kan? Solusinya, tidak boleh malas nyuci baju sendiri. Agar tidak terlalu berat, bisa lho langsung mencuci pakaian yang habis dipakai hari itu pas mandi. Jadi tidak akan merasa kebanyakan cucian di akhir minggu.
8. Punya jadwal untuk hangout atau belanja

Dengan uang saku yang pas-pasan bukan berarti anda tidak boleh senang-senang atau mendapat hiburan ya guys. Dana entertainment memang harus ada, karena hal ini juga penting. Namun jangan sering-sering. Anda bisa membuat jadwal nongkrong bareng teman seminggu sekali, yaitu pas weekend saja dan anggarkan pula untuk membeli baju atau nonton ke bioskop cukup sebulan sekali.
9. Aktif di berbagai kegiatan kampus

Mumpung masih menjadi mahasiswa, manfaatkan waktu sebaik-baiknya. Jangan malas untuk ikut dengan bergabung dengan kegiatan di kampus. Banyak teman kan banyak rezeki, belum lagi kalau kepanitiaan yang kamu ikuti sedang mengadakan acara seminar. Lumayan kan, anda bisa dapat makan gratis di sana dan anggaran harianmu terselamatkan.
10. Sisihkan Uang Receh

Jangan anggap remeh uang receh! Uang receh kembalian dari fotokopi atau minimarket bisa berguna banget di akhir bulan. Kumpulkan recehan dalam tempat tertentu, botol atau toples. Saat sedang kepepet di akhir bulan uang receh mampu menolongmu.

11. Jangan Sering mampir minimarket

Prinsip hemat memang selalu melekat pada anak kos. Namun sulit dijalani. Belum lagi godaan untuk membeli aneka camilan di minimarket. Sebisa mungkin hindari pergi ke minimarket di pertengahan bulan, kalau nggak mau anggaran belanjamu rusak seketika. Untuk camilan dan sebaginya harus sudah kamu penuhi di awal bersama dengan belanja kebutuhan bulanan. Jadi tidak harus lagi ke minimarket hanya untuk jajan.

12. Hafalin tempat-tempat murah di sekitar kampus

Namanya juga anak kos, kalau ada yang murah kenapa harus malu? Hafal dan paham tempat-tempat murah di sekitar kampus akan mendatangkan banyak keuntungan bagi kamu. Pilih tempat fotokopi yang sering bikin promo atau harganya miring demi menghemat biaya. Pilih warteg atau tempat makan yang sederhana dan boleh ambil nasi sepuasnya juga lumayan untuk irit uang makan.

13. Maksimalkan KTM untuk mendapat Discount

KTM atau Kartu Tanda Mahasiswa, selain berguna untuk kegiatan kampus juga bisa anda gunakan untuk berburu diskon. Banyak produk yang sering mengadakan promo potongan khusus bagi mahasiswa dengan menunjukkan KTM saja.

14. Manfaatkan waktu luang untuk bekerja partime

Kalau anda masih punya waktu luang selain di kampus, tidak ada salahnya juga mencoba bekerja partime. Selain mengisi waktu luang, dengan bekerja anda juga bisa mendapat penghasilan tambahan.

15. Pulang Sesering Mungkin

Bagi anak kos yang rumahnya dekat, pulang di akhir minggu atau saat tidak ada kuliah juga bisa menghemat pengeluaran lho. Dibanding tinggal di kos, godaan dari teman-temanmu untuk ngajak foya-foya tentu lebih besar.

Yang terpenting adalah, milikilah motivasi untuk hemat dan menabung. Hemat memang bukanlah hal yang mudah jika tanpa niat. Oleh karena itu, motivasilah diri anda sendiri agar selalu ingat untuk berhemat. Selamat mencoba semoga bermanfaat. (RV)

Sumber : Brilionet


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •