Terdamparnya 10 ekor paus sperma di Aceh menjadi sorotan dunia. Sejumlah media internasional memberitakan peristiwa langka ini.

Mamalia ini terdampar di Pantai Ujong Kareng, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Aceh, pada Senin (13/11/2017) kemarin. Pada akhirnya, 4 ekor paus mati sementara 6 lainnya berhasil dibawa kembali ke tengah laut.

Tak cuma mencuri perhatian di dalam negeri, peristiwa langka ini juga diberitakan sejumlah media internasional. Seperti New York Times yang menulis ‘A Race to Save 10 Stranded Whales’. Artikel ini menceritakan bagaimana aparat dan warga berkejaran dengan waktu untuk menyelamatkan paus-paus ini.

CNN menulis artikel dengan judul ‘Rescuers save six beached sperm whales in Indonesia’. Artikel ini disertai dugaan alasan paus-paus ini bisa terdampar.

Media Australia, ABC menyoroti kejadian ini dengan judul ‘Four sperm whales dead off Indonesia, despite desperate rescue effort’. Reuters menuliskan bagaimana usaha relawan di Aceh menyelamatkan paus-paus ini dengan judul ‘Indonesian volunteers save six beached whales’.

Sebelumnya diberitakan, bangkai paus yang mati ini masih berada di lokasi di Desa Pantai Ujong Kareng, Kecamatan Mesjid Raya.

Dua paus yang mati ditemukan tergeletak di pinggir pantai tempat terdampar kemarin. Satu ekor berada di belakang kampus Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Malahayati. Sedangkan satu bangkai lagi diketahui berada sedikit ke laut dari posisi terdampar.

detiknews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here